Minggu, 12 Februari 2012

XML/JSON PARSING

XML adalah merupakan suatu bahasa Markup. Markup yaitu bahasa yang berisikan kode-kode berupa tanda-tanda tertentu dengan aturan tertentu untuk memformat dokumen teks dengan tag sendiri agar dapat dimengerti.

Tujuan
- Sebagai penyimpan data (database) yang mudah dibaca oleh user karena disimpan dalam bentuk teks.
- Standard transfer data, dapat digunakan untuk pengiriman data transaksi antar perusahaan, atau mentransfer data dari DBMS yang berbeda (mis: Oracle ke SQL Server).
- Sebagai acuan membuat bahasa baru, seperti WML (Wireless Markup Language) yang digunakan pada mobile device dengan protokol WAP, atau VoiceXML yang digunakan sebagai bahasa markup untuk pengenalan suara, dialog, aplikasi interaksi respon suara maupun DTMF (seperti aplikasi pengisian pulsa atau call center), dan sebagainya.
- Sebagai file konfigurasi, di Java dokumen-dokumen XML sering kita jumpai seperti file server.xml dan web.xml yang digunakan Tomcat, atau perintah-perintah query yang disimpan dalam file XML yang dipakai pada framework iBatis atau Hibernate.


JSON merupakan singkatan dari JavaScript Object Notation, merupakan format untuk pertukaran data seperti halnya XML. JSON sangat mudah dimengerti oleh manusia, karena formatnya yang sederhana. Bahkan tidak hanya manusia, oleh mesin pun JSON sangat mudah untuk dibaca.

Tujuan
Tujuan dari JSON adalah satu, yaitu mentransfer object (sebenarnya lebih mirip struct dalam bahasa C/C++).


Tampilan XML


XML parse to JSON



Cara Kerjanya
1. Masukkan file .xml atau jenis sintak dalam XML.
2. Kemudian, system dalam javascript mereplace sintak hingga terbentuk menjadi sintak JSON.
3. Pada Saat di parse, hasil keluaran akan tampil pada sebuah textbox dengan script JSON.
4. Alhasil file .jSON untuk membuktikan hasil sintak benar apa tidak, konversi kembali ke HTML. Jika benar akan muncul sebuah list object – value.
5. Dengan demikian parsing JSON dapat dipahami oleh bahasa /script yang lain.
6. Finish.

0 komentar:

Posting Komentar