Sabtu, 11 Februari 2012

CRIPTOGRAPY ENKRIPSI ROT-13


ROT13 adalah sebuah singkatan dari Bahasa Inggris yaitu rotate by 13, atau putar 13 kali. ROT13 adalah algoritma enkripsi sederhana yang menggunakan sandi abjad-tunggal dengan pergeseran k=13 (huruf A diganti dengan N, huruf B diganti dengan O, dan seterusnya). Enkripsi ini merupakan penggunaan dari sandi Caesar dengan geseran 13. ROT13 biasanya digunakan di forum internet, agar spoiler, jawaban teka-teki, kata-kata kotor, dan semacamnya tidak terbaca dengan sekilas. Hal ini mirip dengan mencetak jawaban TTS secara terbalik di surat kabar atau majalah.

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer.


Saat Menjalankan Enkripsi



Saat Menjalankan Dekripsi


Saat Menghapus




CARA KERJANYA
Untuk melakukan enkripsi ROT13 maka anda hanya perlu memperhatikan tabel berikut. Dimana huruf A diganti dengan huruf N begitu higga seterusnya.

Dimisalkan ada sebuah plain text sebagai berikut : safriani maka saat di enkripsi menggunakan ROT13 akan menjadi  fnsevnav.



1 komentar:

  1. Grzcyngr oybt naqn fnatng onthf, ontnvznan pnenaln zrzohngaln ?

    ditunggu kunjungan baliknya ke :
    http://myp3m4la5.blogspot.com

    BalasHapus